07 Agustus 2009

Pentingnya Belajar


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…. !!! Well… gue merasa perlu untuk membahas mengenai hal ini,… karena dengan belajar itu… akan semakin meningkat ‘intellectual capital’… itu bahasa kerennya… !!! Jika membahas mengenai hal ini,… duggggh gue teringat dengan diri gue… dan waktu belajar… belum terpikirkan mengenai berbagai dalil… just belajar aza… !!! Anyway,… Dalm S. An-Nahl ayat 43 Allah SWT berfirman :

Fas-aluu ahladz dzikri in kuntum la ta’lamuun
Maka bertanyalah kamu kepada ahli ilmu jika kamu tidak tahu (Qs. An-Nahl, 43).

Demikian pula pada S. At Taubah ayat 122, Allah SWT berfirman :

Falaulaa nafara min kulli firqatin minhum thaaifatun liyatafaqqahuu fiddin
Mengapa tidak pula berangkat satu rombongan dari tiap-tiap golongan itu untuk mempelajari perkara agama (Qs. At-Taubah, 122).

Cukup penting kedudukan belajar atau menuntut ilmu bagi setiap orang muslim… !!! Rasulullah SAW bersabda : “Thalabul ‘ilmi fariidlatun ‘alaa kulli muslim” yang berarti Menuntut ilmu itu wajib atas tiap-tiap muslim. Jadi wajib… ngertikan hukum nya wajib… ??? Bahkan ada pula hadist kalau perlu tuntut ilmu di negeri seberang… !!! “Uthlubul ‘ilma walau bish shiin” yang artinya tuntutlah ilmu walau ke negeri Cina sekalipun.

Barang Siapa yang menjalani suatu jalan untuk menuntut ilmu, maka dianugerahi Allah kepadanya jalan ke Surga … !!! Bahkan jika engkau berjalan pergi mempelajari suatu bab dari ilmu adalah lebih baik daripada engkau melakukan shalat seratus rakaat …!!!

Naagh… belajar sekarang sudah semakin gampang… !!! Mau belajar tentang apa aza… ada mbah Google…!!! Mau bahas mengenai apa.. ada juga di blog… !!! Mau tentang marketing, agama, manajemen, motor etc… ada juga di blog ini… !!! Bahkan dimungkinkan untuk bertanya dan berdiskusi… !!! Yang nggak ngerti nanya… yang paham kudu menerangkan… !!! Yagh hal ini terdapat pada hadist nabi sbb :

Laa yanbaghii lil jaahili an yaskuta alaa jahlihi walaa lil aalimi an yaskuta alaa ilmihi

Tak wajarlah bagi orang yang bodoh, berdiam diri atas kebodohannya. Dan tak wajarlah bagi orang yang berilmu berdiam diri atas ilmunya.

Masih banyak hadist yang membahas tentang menuntut ilmu alias sinawuuu … !!! Belum lagi tentang mengajar,… kelebihan ilmu etc… !!! Last but not least,… blog ini sebagai media menuntut ilmu… bisa semakin menambah pengetahuan kita… so jangan dikotori.. dengan memaki etc… !!! Gunakan adab yang sopan untuk membahas suatu masalah… jika ada perbedaan pendapat .. toh itu rahmat… !!!

Wabillahi taufik wal hidayah, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar